Selamat Berkunjung di Situs Resmi Rumah Tahanan Negara Klas IIB Padang Panjang

Optimalisasi Layanan WBP Rutan Klas IIB Padang Panjang Melalui Sarana Self Service Information

Posted by Unknown Jumat, 07 Februari 2014 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai alat bantu kerja sesuai kebutuhan UPT, KANWIL dan DITJENPAS.

SDP bertujuan untuk UNTUK :Membuat tools aplikasi sebagai alat bantu kerja sesuai kebutuhan UPT, Membangun Database Napi/Tahanan Nasional, Menyediakan informasi yang berkualitas untuk menunjang pengambilan keputusan dan Meningkatkan pelayanan. 
Saat ini Rumah Tahanan Negara Klas IIB Padang Panjang telah berupaya meningkatkan pelayanan Sistem Database Pemasyarakatan bagi WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) melalui Anjungan  Informasi Mandiri (AIM) atau sarana informasi berupa penyediaan sistem self service information.  Hanya dengan menempelkan jarinya ke alat finger scan, akan muncul di layar monitor  informasi tentang data identitas WBP (tanggal bebas, Tahapan pembinaan, Remisi, dll) serta dapat diakses langsung oleh WBP Layaknya ATM kalau di Bank.

Kepala Rutan Klas IIB Padang Panjang, Surakhmat, A.Md.IP, S.Sos  menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi seiring dengan berlakunya UU Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat menuntut informasi yang serba cepat, tepat dan akurat,   termasuk pemberian informasi kepada warga binaan Pemasyarakatan.
Berangkat dari hal tersebut maka Rutan Klas IIB Padang Panjang mencoba memberikan pelayanan informasi dan data terbaik terhadap warga binaan dan keluarganya untuk mengetahui keberadaannya selama menjalani hukuman di Rutan. Kini, warga binaan secara mandiri dapat memperoleh informasi kapan tanggal bebas, tahapan pembinaan dan remisi yang diterima.
Melalui pengembangan Sistem Database Pemasyarakatan yang di awali dengan penyiapan SDM, sarana prasarana yang dibutuhkan maupun penerapan aplikasinya. Dengan memaksimalkan sarana-prasarana dan anggaran yang ada serta dukungan sumber daya manusia yang dimiliki Rutan Klas IIB Padang Panjang maka untuk lebih mengoptimalkan Pelayanan maka awal januari 2014 guna meningkatkan layanan informasi yang lebih representative maka dibangunlah sarana layanan Self Service Information, untuk memberikan pelayanan informasi secara prima kepada warga binaan..
adanya layanan self service information SDP ini  mendapat sambutan yang positif dari Warga Binaan Rutan Klas IIB Padang Panjang. Ermi Chandra salah satu warga binaan menyatakan, sangat senang dengan keberadaan AIM ini.
“Biasanya kami takut/malu untuk bertanya ke petugas, tapi sekarang kami tidak sulit lagi untuk mengetahui kapan kami bebas, dan berapa banyak remisi yang kami dapat” demikian ungkapnya.           
Kepala Rutan Klas IIB Padang Panjang  berharap adanya  sarana Self Service Information    di Rutan Klas IIB Padang Panjang ini dapat memberikan layanan yang terbaik (prima) kepada WBP khususnya. dan bertekad akan meningkatkan  pelayanan-pelayanan lainnya  untuk memenuhi kepuasan masyarakat dalam memperoleh kepastian hokum tanpa dipungut biaya sekalipun.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Optimalisasi Layanan WBP Rutan Klas IIB Padang Panjang Melalui Sarana Self Service Information
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rutanpadangpanjang.blogspot.com/2014/02/optimalisasi-layanan-wbp-rutan-klas-iib.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar